Ingin Ajak Anak Liburan, Begini Tips Keuangannya

ancol

Libur akhir tahun merupakan libur yang ditunggu para anak-anak sekolah di seluruh Indonesia. Guna lepas penat selama bersekolah, para orang tua tengah memikirkan kemana keluarganya akan berlibur.

Namun yang menjadi persoalan ialah apakah libur akhir tahun akan menjadi masalah keuangan keluarga menyambut tahun baru 2016?

Perencana Keuangan Andy Nugroho memiliki tips-tips mensiasati libur akhir tahun. Pertama, Persiapkan libur akhir tahun jauh-jauh hari. Menurut Andy, libur akhir tahun sudah harus diperkirakan. Anak-anak pasti merasa penat usai menjalankan study selama satu semester tahun ini. Untuk menyegarkan pikiran anak kembali, orang tua harus berpikir akan ke mana libur akhir tahun nanti.

“Jika sudah memikirkan libur ingin kemana. Pasti dong keuangannya juga sudah dipikirkan. Misal liburan ke bali, tiket pp (pulang pergi) berempat (ayah,ibu dua orang anak), akomodasi, makan, misal Rp10 juta semuanya. Jadi selama satu semester anak sekolah sambil sisihkan uang untuk ditabungkan dalam biaya libur akhir tahun,” terang Andy di Jakarta.

Andy menambahkan, Rp10 juta liburan untuk berlibur suatu keuangan yang kecil jika dipersiapkan jauh-jauh hari. Namun, bagi yang belum mempersiapakan keuangannya guna berlibur, Andy memiliki cara lainnya.

Kedua, ukur kemampuan keuangan Anda sendiri. Artinya, jika Anda (Orang Tua) sebelumnya tidak mempersiapkan liburan akhir tahun, Anda harus lihat berapa buget dari pendapatan Anda yang bisa digunakan untuk berlibur.

“Misalkan cari lokasi liburan yang sesuai keuangan Anda. Hindari berlibur terlalu lama, karena keuangan akan membengkan nantinya. Jika semua sudah disesuaikan, persiapan keluarga Anda memasuki tahun baru nanti dan untuk pemenuhan kebutuhan seterusnya akan siap,” ujarnya.

Andy menambahkan, ukur kemampuan keuangan saat ini harus dipersiapkan. Pasalnya, kebutuhan akhir tahun nanti akan semakin mahal. Hal ini yang menjadi pertimbangan Anda untuk kembali menyesuaikan tempat berlibur Anda.

“Kita harus punya prinsip seberapa beras kemampuan keuangan kita untuk apapun itu. Dan jangan pernah memaksakan diri,” tandasnya.

Sumber; okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Ada yang bisa di bantu?