BERAPA METER KAIN UNTUK BUAT BAJU ?

Berapa meter sih?

Bingung mau beli kain ingin dibuat baju biar pas di badan ga terlalu besar,kalau beli baju jadi selalu kebesaran dan dirombak atau direhab ke tukang jahit,ia kalau tukang jahitnya mau,kadang dengan alasan ini itu menolaknya.ahirnya kita kecewa baju yang dibeli tidak bisa dipakai gara-gara kebesaran.

Pernahkah itu terjadi pada anda???

  • Nah dalam tulisan kali ini mimin akan memberikan ulasan mengenai kebutuhan kain sesuai kebutuhan :

Ada dua jenis lebar kain :

  1. lebar kain 115cm ( biasa dikenal di pasar dengan nama “LEBAR BIASA “
  2. lebar kain 150cm ( biasa dikenal dengan “LEBAR DOBEL” )

Berikut kebutuhan kain untuk dibuat baju berdasarkan lebar kain :

A. BAJU PRIA

Untuk Lebar kain 115 atau lebar biasa :
Tangan pendek atau HEM untuk ukuran S atau M kain yang diperlukan 1,5 meter x 1,15 meter
ukuran L,XL kain yang diperlukan 1,75 meter x 1,15meter
ukuran jumbo XXL kain yang diperlukan 2 meter.

Untuk batik kebanyakan lebar kainnya 115cm,kain batik dari jenis kain apa saja baik katun ataupun printing,untuk tahap belajar usahakan menggunakan kain batik printing dulu yang dijual di surofashion karena harganya relatif lebih murah dan mudah dalam proses pembuatannya.Lihat koleksi kain batiknya

Untuk kain yang lebarnya 150cm atau lebar dobel untuk pembuatan baju tangan pendek atau hem dibutuhkan 125cm(1,25meter) untuk semua ukuran kecuali jumbo XXL panjang kainnya 150×150 cm.

kain lebar dobel biasanya kain celana,jas,blazer,kain baju spun.

jika kamu mau beli kain di pasar tanya dulu kainnya lebar berapa agar bisa disesuiakan dengan kebutuhan.

selanjutnya untuk tangan panjang :

untuk lebar kain 115cm :

  • Tangan panjang untuk ukuran S,M kain yang diperlukan 1,80 meter x1,15meter ( jika ingin seperti foto dibawah ini ukuran S atau M HARUS 2 meter )


ukuran L,XL,kain yang diperlukan 2 meter x1,15 meter
ukuran jumbo XXL kain yang diperlukan 2,25meter x 1,15 meter.Untuk batik kebanyakan ini yang dipakai lebar 115 mau lihat motif-motif terbaru yang tidak ada di daerah kamu DI SINI

Share artikel ini supaya lebih banyak yang tau tentang kebutuhan kain ketika mau buat baju !

Baca juga : BELI BATIK BAYAR DENGAN PAYPAL untuk kamu yang dari LUAR INDONESIA

CELANA SCUBA CUBIT GESPER

#catatan biasanya dalam membuat baju batik pria ada yang menggunakan furing sebagai lapisan baju supaya baju terlihat lebih bagus,dan kesan gagah,apa itu kain furing ? cek di Kain furing daleman baju

Untuk kamu pemula ingin belajar menjahit ini kain kiloan yang bisa kamu manfaatkan disini KAIN KILOAN

Atau klik WhatsaAp SUROFASHION untuk langsung terhubug ke whatsaap kami.

MAU DAPATKAN PENAWARAN SPESIAL DARI SUROFASHION ? klik di sini

B. BAJU WANITA

untuk lebar kain 115cm atau LEBAR BIASA :
untuk ukuran baju wanita supaya pas atau sesuai dengan model yang anda inginkan adalah 2 meter x 1,15 meter.nantinya kain ini bisa dibuat sesuia selera anda,dan penjahit juga tidak kebingungan saat akan membuatnya.
bagaimana jika mau membuat gamis atau baju panjang terusan??
untuk membuat gamis dibutuhkan kain 3 meter x 1,15 meter , kalau ada kombinasi bagaimana ,usahakn paling tidak jumlah standar tersebut 3 meter ,contoh atas polos bawah batik ( polos 1 meter, batik 2meter).

Ada pertanyaan berapa meter untuk membuat rok  lilit? untuk membuat rok lilit dibutuhkan paling sedikitnya dua meter kain lebar 115 cm dan saat ini kain yang banyak dipakai adalah kain batik semi sutra , untuk informasi motif kain batik semi sutra terbaru silahkan hubungi admin di WhatsaAp SUROFASHION

Bagaimana untuk yang lebar dobel kainnya?untuk baju atasan wanita bila kainnya lebar dobel cukup dengan 150 cm  atau 1,5 meter sudah bisa untuk baju atasan wanita berbagai model namun jika mau dibuat gamis atau baju panjang selutut dengan berbagai model maka kain yang dibutuhkan cukup 2 meter saja x 150 cm,contohnya seperti kain wolpis yang ada di surofashion lebar kainnya 150cm banyak dibuat gamis muslim karena jenis kain empuk ,tebal tidak nerawang.juga bisa dipakai untuk kombinasi dengan kain batik.untuk lihat kain wolpis di sini WOLPIS

Atau ini produk kain TERLARIS 2018 KAIN KATUN RAYON POLOS

Produk ini TERLARIS di Marketplace shopee, tokopedia, bukalapak temukan di toko surofashion

Baca juga :

INGIN BERJUALAN NAMBAH PENGHASILAN ?

YUK Daftar jadi mitra surofashion di sini MITRA SUROFASHION

Nah sekarang untuk baju anak.

Kalau untuk anak-anak berapa meter ya??
untuk anak-anak usia 4 samapai 6 tahun cukup 1 meter x1,15 meter
untuk anak-anak usia 7 samapi 12 tahun 1,25 x 1,15 meter.

berikut ukuran lebar baju atau lebar badan anak usia SD cek di Lebar badan anak usia SD

Nah kalau untuk satu keluarga berapa kain yang dibutuhkan ???
mudah … kan tinggal lihat dan hitung mau buat baju seperti apa dengan melihat keterangan di atas.

Hemmm masih bingung nih ??? gampang chat aja ama admin pasti selesai masalahnya. gak percaya ? coba aja !!

untuk kebutuhan kain,lihat koleksi terbaru dari surofashion DI SINI

100 Comments

  • Yuni

    Mba untuk buat gamis buat wanita dengan bb 70 tinggi badan 155cm, kemeja cowok panjang uk XL dan dress anak usia 3 tahun butuh berapa m kain

    • admin

      gamis 3,5 meter, baju pria 2 meter dres anak 1 meter ,untuk lebar kain 115

  • Amela violantica

    Kalo mau bukin kaftan beratku 45kh, tinggi 160 haruss berapa meter ?

    • admin

      2 meter lebar 115, 1,5 lebar kain 150

  • Rani sr

    Klau mau buat baju panjang untuk berat 84kg tinggi 170 kira” butuh kain brpa meter ya?

    • admin

      untuk lebra kain 115 dibutuhkan minimal 2,5 meter, sednagkan untuk lebar kain 150 2 meter

  • Riska Oktaviani

    Kak mau nanya kalau mau buat baju guru gitu, baju lengan panjang dan rok panjang butuh berapa metar yah kak dengan bidang 150. Tinggi saya 160 dan bb 45m terimakasih kak.

    • admin

      3 meter

  • Anis

    Kak mau nanya untuk membuat kebaya brukat butuh berapa meter untuk Bb 50kg?
    Kain daleman berapa?
    Dan bawahan rok sepan berapa kak ?
    Untuk kemeja lengan panjang berapa meter kak untuk BB 50 kg?

    • admin

      2 meter

  • Ana

    Kak kalau untuk kebaya atasan lebar 1.5 berat badan 80kg berapa ya??

    • admin

      2 meter

  • Novianti

    Kak mau tanya dengan tinggi 155 dibutuhkan berapa meter kain untuk membuat gamis syari dengan model bajunya mayung dan kombinasi misal abu dan pink? Plus kerudungnya

    • admin

      4 meter levar kain 115

  • Anindia nabila

    Kak klo mau bikin gamis atas ny brokat bawah ny polos untuk berat bdan 65.dan tinggi bdan 165 btuh brpa2 mter ya kak..dan untuk anak ku umur 7thn cewek buat ny sama juga kaya yg diatas butuh brpa mter ya ka

    • admin

      2 meter ,anak 1 meter cukup lebar kian 150 ya

  • SOFIA

    klo bikin rok panjang model klok cewek tinggi badan 150 cm butuh kain berapa meter ya kak?lebar kain 115

    • admin

      2 meter cukup kak

  • Kak mau tanyak kalo mau bikin dress lengan panjang dengan tinggi badan 160 lD 80 pake kain berapa y kak

    • admin

      dress long, lebar kain 115 dibutuhkan 3 meter

  • Yemi

    Min kalo beli tile gt cuma buat aksen aja dgn lebar 1.5, apakah 1m sdah cukup? Untuk dress uk sedengkul, ukuran badan m-l

    • admin

      cukup kalau untuk aksn saja

  • Putri

    Kalau untuk buwat gamis brukat kayak gitu membutuhkan kain berapa ya kak?
    Misal atasan brukat , enaknya untuk bagian bawahnya buwat rok gamisnya kainnya apa? Dan semua membutuhkan berapa ukuran kain masing2?
    Terima kasih

    • admin

      sudah dibalas via chat

  • Wantii Setiawan

    Untuk bkin rok lilit yg pke reslering belakang apa cukup bahan 1 meter 1/2 .. Buat bdan 45 kg apa kurang

    • admin

      2 meter kak minimalnya

  • sherly taga

    Untkbjait dres pendek selutut, tangan pendek diatas siku, apakah cukup untuk kain 2 meter. Tinggi badan 155. Tubuh kurus, biasa pakai baju ukuran m kecil. Mksh admin

    • admin

      cukup kak,atau jika ragu bisa 2,5

    • admin

      cukup kak

  • dhita

    Maaf kk, kalo untuk gamis anak yg umur 2 tahun brapa meter??

    • admin

      1 meter cukup lebar 115

  • Rini

    Kak klo mau bikin gaun panjan untuk bridesmaid kombinasi balotelli dengan brokade itu brapa2 meter yaa setiap kainnya? Tks

    • admin

      disesuiakan dengan kebutuhan kain yang dominan apa kak,bisa baloteli 2 meter brukat 1 meter atau kebalikannya,yang dominan lebih banyak

  • Ka ,,kalau mau bikin gamis couple cewe cowok kombinasi dengan kain satin dan batik kira2 kain yang dibutuhkan berapa meter yah ?

    • admin

      kodisional kebutuhan kain yang dominan apa, misal dominan batik 5 meter polos 1 meter

  • Mianika ginting

    Kak bb saya 63kg. Saya mau buat gaun selutut, brp m kain yang cukup untuk saya?

    • admin

      3 meter kak,dengan lebar kain 115

  • Hasria

    Kalau untuk buat kemeja anak usia 6 tahun (lengan panjang)
    butuh kain berapa meter?

    • admin

      1meter lebar 115 cukup

  • Wina

    Kak kalau mau bikin gamis untuk anak 9 thn dibutuhkan berapa meter kain lebar 1,5

    • admin

      2 meter lebar 115 cukup

  • Nia Murniati

    Kak kalo mau bikin dress duyung lengan panjang, butuh brukat berapa meter untuk diatas lututut, dan butuh berpa meter untuk kain daleman dan bawahan duyungnya ?

    • admin

      dres duyung 3,5 meter cukup lebar kain 115, klau lebar kain 150 2,5 cukup, kain daleman sediakan 3 meter saja lebar 115

  • Lulufia

    Ka kalau untuk buat gamis anak usia 2 tahun butuh kain brp m ya?

    • Indi prastika

      Kak.kalo mau buat kutu baru turs atasannya brokat 1,5 meter cukup nggak kak,,
      Badan lumayan gemuk
      Makasihh kak

      • admin

        jika lebar kain brukat 1,5 cukup sekali

    • admin

      1 meter cukup lebar 115

  • Wiwin

    Kalau mau jahit tunik yg panjangnya 100 cm, lingkar dada 110, panjang lengan 55, butuh kain berapa meter ?

    • admin

      lebar 115 cukup 2,5 meter kalau lebar 150 cukup 1,5

  • Wiwin

    Kalau mau jahit tunik yg panjangnya 100, lingkar dada 110, panjang lengan 55, butuh kain berapa meter ?

    • admin

      2,5 meter untuk lebar kain 115

  • Tari

    Kalau mau buat kebaya atasan saja model kartini untuk ukuran L butuh kain berapa ya kak?

    • admin

      panjang kaim cukup 1,5 dengan lebar 115. atau biar leluasa motongnya lebih bagus 2 meter

  • Ka, kalau untuk membuat gamis model A line dengan lingkar dada 100cm dan panjang baju 127cm dibutuhkan brapa meter kain yg lebar 1,5m? Trimakasih

    • admin

      2,5 meter kak lenar kain 150

  • Nia

    Kalau mau bikin gaun batik potongan payung buat anak smp klas 2 berapa meter yahh
    Terimakasih

    • Indi prastika

      Kak.kalo mau buat kutu baru turs atasannya brokat 1,5 meter cukup nggak kak,,
      Badan lumayan gemuk
      Makasihh kak

      • admin

        kalau lebar kain 1,5 juga cukup

    • admin

      Terimakasih. untuk buat gaun potongan payung untuk smp cukup 3 mter

  • Monita

    Kalau untuk gamis anak tk berapa kain yg dibutuhkan mba?

    • admin

      Gamis anak TK lebar biasa 1,5 meter cukup ,lebar 150 1 meter cukup

  • peper

    Kak mau tanya kalau ingin membuat tunik ukuran se atas paha dengan LD 106 tinggi badan 157, kira kira butuh berapa meter ya kak ?

    • admin

      2 meter cukup lebar 115, lebar 150 cukup 1,5 meter kalau pengen lebih panjnag atau lebar tambahkan 0,5 meter tiap lebar kain tadi

      • Rafizyan

        Klw bikin satu stel seragam ukuran xl dewasa btuh bahan brapa mter ka

        • admin

          3 meter lebar 150

      • Peper

        Kalau tunik dibuat se atas lutut dengan kain lebar 150 1,5 meter bisa nggak ya kak ?

        • admin

          bisa

      • admin

        2 meter cukup lebar 115, lebar 150 cukup 1,5 meter kalau pengen lebih panjnag atau lebar tambahkan 0,5 meter tiap lebar kain tadi

        • admin

          2 meter cukup lebar 115, lebar 150 cukup 1,5 meter kalau pengen lebih panjnag atau lebar tambahkan 0,5 meter tiap lebar kain tadi

  • peper

    Kak mau tanya, kalau ingin membuat tunik ukuran se lutut dengan LD 106 tinggi badan 157, kira kira butuh berapa meter ya kak ?

    • admin

      2 meter lebar kain 115, 1,5 lebar 150

  • peper

    Kak, mau tanya kalau mau buat tunik se paha atas ukuran LD nya 105 itu butuh kain berapa meter ya kak ?

    • admin

      2 meter dan 1,5

  • Lina

    Klo gamis model A line, lingkar dada 112 dan lingkar bawah 192, butuh kain brp m kak?

    • admin

      bahan lebar 115 cukup 3,5 meter bahan lebar 150 2,5 meter

  • Henny Aef

    ka mau tanya, kalau bikin baju kain batik buat cowo itu berapa meter lengan pendek dan panjang itu sama gak? Terus kalau untuk bikin baju kain batik buat cewe, rok nya itu berpa meter ya?
    Terus atasannya misalnya dari kain brokat gitu juga berpa meter ya ka? Terimakasih

    • admin

      semua pertanyaan sudah ada jawabnya di artikel kak, terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan cek lagi artikelnya

  • Rafira

    Butuh brp meter ya kalau mau buat rok span tumpang untuk dewasa? Kalau lebar kainnya 115

    • admin

      untuk rok span tumpang lebar kain 115 cukup 2 meter

  • Karina

    Kl buat rok model A butuh brp meter utk lebar kain 150cm ya? (Tinggi badan 150cm). Terima kasih.

    • admin

      untuk model A lebar kain 150 dibutuhna minimal 1,25m

  • […] BERAPA METER KAIN UNTUK BUAT BAJU ? […]

    • admin

      Terima kasih kunjunganya

  • Atika

    Mba kalau bikin gamis ukuran all size fit L itu pemakaian bahannya berapa ya mba? kalau menggunakan bahan dengan bidang bahan 1.5 M .. terima kasih

    • admin

      untuk g bidang 1,5 dibutuhkan 2 meterkain untuk buat gamis, sementara bidang 115 dibutuhkan 3 meter

  • DYAS TRIKASARI

    Ka, kalo ingin buat kemeja oversized lengan panjang yang LD : 150 cm, panjang baju : 70 cm, butuh berapa meter bahan nya ya ? Terimakasih 🙂

    • admin

      dibutuhkan 2 meter kain bidang 115, dan 1,5 untuk yg lebar 1,54 mtr

  • Ka kalau buat jaket rompi gtu berapa meter ya bahannya? jeket yg lengannya bisa bongkar pasang gtu ka…

    • admin

      perlu kain lebar 150 1,5 meter kalau lebar biasa 2meter

    • admin

      1,5 lebar dobel (150 )

  • segilima

    ka kalaumau buat jaket yg bisa sekalian buat rompi gitu butuh berapa ya?? jadi yg lengannya bisa bongkar pasang gtu.

    • admin

      dibutuhkan 1,5 meter untuk lebar kain 150, 2 meter untuk lebar kain 115

  • Rananda

    min kalo buat atasan doang ukuran org gendut dan kurus berapa meter min kira2

    • admin

      untuk baju atasan jika lebar 115 dua meter, jika lebar kain 150 satu setengah meter. untuk ukuran gendut bisa ditambah 0.25 sampai 0,5 mtr

  • Oktyanaayupujilestari

    Mba kalo mau buat rok panjang batik buat cewe dewasa butuh berapa meter yah kira2

    • admin

      ROK panjang 2 meter, jika gamis 3 meter minimal

  • mukarramah gustan

    Maaf mba untuk buat baju kaftan panjangnya sampai dbawah butuh berapa meter yah

    • admin

      maaf . untuk baju kaftan 2 meter lebar kain 150, lebar kain 115 3 meter minimal lebih banyak lebih baik untuk pengaturan lebar ke bawah

  • mukarramah fustan

    Maaf mba untuk buat baju kaftan panjangnya sampai dbawah butuh berapa meter yah

    • admin

      panjang minimal 2 meter untuk lebar dobel dan 3 meter lebar biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Ada yang bisa di bantu?